JUAL ALAT PEMADAM KEBAKARAN PORTABLE

Apar adalah singkatan untuk Alat Pemadam Api Ringan, dan Jual Alat Pemadam Kebakaran Portable ini bersifat dapat di gunakan dan di pindahkan sesuai keinginan anda. Alat pemadam api ringan ini dapat di gantung pada tembok dengan menggunakan bracker, hanger, atau box kaca. Alat pemadam api ringan ini dapat digunakan oleh ibu rumah tangga dan anak yang berusia di atas 10 tahun ke atas. Dan Jual Alat Pemadam Kebakaran Portable ini harus di sesuaikan dengan klasifikasi kebakaran yang terjadi. Serta penempatannya harus lah mudah di jangkau, jarak antara lain 1 s.d 1,25 meter, dan mudah di jangkau, temukan ketika kebakaran terjadi, jarak maksimum penempatan peralatan pemadam api portable di suatu tempat atau lokasi dalam satu bangunan dari satu fire point ke fire point lainya kurang lebih 15 meter dan untuk posisi penempatan alat pemadam portable ini haruslah pada setiap 200m2 atau pada setiap ruangan dengan kapasitas yang di sesuaikan.

JENIS ALAT JUAL PEMADAM KEBAKARAN PORTABLE (APAR)

  • Alat pemadam tradisional adalah alat pemadam yang sangat sederhana dan bukan buatan pabrik Jual Alat Pemadam Kebakaran Portable. Dan alat ini biasa nya menggunakan sebuah benda atau alat untuk memadamkan kebakaran yang bisa di bawa, contoh alat pemadam tradisional : selimut api (FIRE BLANKET), pemukul, cambuk api, ember yang di isi air, dll.
  • Jual Alat Pemadam Kebakaran Portable modern merupakan alat pemadam yang dibuat khusus oleh pabrik alat pemadam kebakaran. Dan Jual Alat Pemadam Kebakaran Portable ini terbagi lagi beberapa jenis, yaitu :
    • Water pressurized type merupakan Jual Alat Pemadam Kebakaran Portable dengan bahan dasar air dengan tekanan udara yang dimampatkan. Untuk pemampatan air yang terdapat dilakukan dengan cara menggunakan tenaga dorong (udara yang dimampatkan) untuk memancarkan keluarnya air. (Stored pressure extinguisher). Jual Alat Pemadam Kebakaran Portable ini efektif untuk memadampak api kelas A. kontruksi alat terdiri dari tabung ukuran 2,5 gallon unit penutup tabung terdiri dari tuas penekan, handel pegangan, pin pengaman, meter penunjuk tekanan, pentil, pipa pemancar dan filter. Slang pemancar dan tekanan tabung berkisar 90 s.d 12,5 psi, dan bentuk pancaran padat (solid stream) dengan jarak pancaran 13 meter dan lama pancaran 1 menit.
    • Chemical foam type, Jual Alat Pemadam Kebakaran Portable yang menggunakan busa kimia sebagai bahan pemadamnya. Bahan dasar pembentukan busa ini terdiri dari : larutan sodium bicarbonate (NaHCO3) dengan volume 7,5 liter di tempatkan di tabung bagian dalam dan disebut dengan larutan A. dari reaksi kimia larutan B menghasilkan gelembung CO2 dan busa pancaran yang hasilkan terdapat dari mengembangan kedua larutan sebesar tujuh kali dengan percobaan bahwa setiap 2,5 galon larutan (A dan B) akan menghasilkan delapan belas gallon foam. Karakteristik pancaran dari Jual Alat Pemadam Kebakaran Portable ini ialah pancaran yang padat (solid stream) jarak pancaran 30 – 40 feet, lama pancaran kurang lebih 1,5 menit dan efektif untuk api kelas B.
    • Foam pressurized tipe (mechanical foam dan air), Jual Alat Pemadam Kebakaran Portable yang menggunakan cartriede yang berisi gas N2 untuk memberikan tekanan pada tabung. Jual Alat Pemadam Kebakaran Portable foam pressurized type efektif memadamkan api tipe B isi foam pressurized ini terdiri atas : Foam konsentrat AFFF / FFFP, Air, Gas N2. Karateristik kemampuan alat ini meliputi : Pancaran kedua jenis tersebut sama (solid stream/padat), Jarak pancaran mendatar 3 s.d 4 meter, Lama pancaran 30 s.d 50 detik.
    • Carbon dioxide type (CO2), merupakan Jual Alat Pemadam Kebakaran Portable dengan bahan dasar pemadam api ialah CO2 yang bersifat mendinginkan suhu bahan yang terbakar. Karakteristik alat pemadam api gas ini meliputi : gas CO2 yang di tekan pada 800 – 900 psi pada temperatur 88o F (suhu ruang) karena pada temperature di bawah 88o suhu ruang, gas CO2 berbentuk cairan, berat gas CO2 ini 1,5 kali lebih berat dari udara, sifat gas CO2 ialah tidak berwarna, tidak berbau, tidak beracun, dan tidak mudah untuk terbakar. Karena pengembangan gas CO2 tergantung pada temperature setempat dan alat ini tidak baik digunakan untuk memadamkan api pada ruangan yang tertutup atau sempit dan akan berakibat berat gas akan menutup udara sehungga mengurangi unsur pembakaran pada pernapasan petugas sehingga ruangan tersebut dapat meledak karena udara di sekitar ruangan tertutup atau sempit karena akan menyebabkan berat gas di sekitar ruangan menjadi sempit. Dan akan berakibat berat gas akan tertutup udara sehingga kemungkinan suhu dalam ruangan tersebut sangat tinggi akibat penjalarannya panas api. Sehingga kemungkinan ruangan tersebut dapat meledak. Karena cepatnya pengembangan dari bentuk cairan menjadi gas ketika CO2 meninggalkan corong, maka 30% dari cairan akan menghasilkan salju padat atau es kering (solid snow or dry ice), gas yang keluar dari corong hanya sebesar 80% sedangkan 20% lainya tertinggal pada selang pemancar, corong dll. Jual Alat Pemadam Kebakaran Portable Jenis pancaran yang di hasilkan ialah pancaran fog stream dengan jarak pancaran 3 s.d 8 feet lama pancaran 8 s.d 10 detik dan sangat efektif digunakan untuk memadamkan api kelas C.
    • Dry chemical powder (tepung kimia kering), merupakan Jual Alat Pemadam Kebakaran Portable yang sangat populer dan digunakan secara luas berupa campuran berupa bubuk yang terdiri dari bubuk yang terdiri dari berbagai unsur atau senyawa kimia berbentuk padat atau butiran halus yang seperti tepung. Alat pemadam ini banyak di gunakan baik untuk alat pemadam api portable, peralatan bergerak seperti mobil pemadam atau instalasi tetap. Awalnya bahan yang di kembangkan untuk menghasilkan tepung yang kering ini adalah borax dan sodium icarbonate karena lebih efektif dari bahan pemadam api lainnya. Kemudian di temukan bahan bepadam jenis serbaguna (multipulporse) dengan bahan dasar potassium bicarbonate yang dapat digunakan untuk semua kelas api. alam fase berikutnya dikembangkan jenis yang disebut “super K” dengan bahan dasar potassium chloride dan berbahan dasar urea potassium bicarbonate. Dengan demikian jenis bahan dasar yang banyak digunakan untuk pemadaman yaitu : Sodium bicarbonate, Potassium bicarbonate, Potassium chloride, Urea potassium bicarbonate, Monoammonium phosphate. Untuk meningkatkan efektifitas dalam pemadaman dan penyimpanan ditambahkan berbagai macam bahan yang dicampurkan ke bahan dasar tepung untuk mencegah penggumpalan. Bahan tambahan yang dimaksud yaitu : Metalik stearates, Trikalsium fosfat, Silikon. Sifat fisik dry chemical powder yang perlu mendapat perhatian.