JUAL ALAT PEMADAM API

Alat Pemadam Api terdiri dari beberapa kegunaan dan fungsi. Salah satu yang menjadi produk unggulan kami adalah Jual Alat Pemadam Api Liquid Gas Non CFC – Non Halon. Alat Pemadam ini berbentuk Gas Cair yang tidak menghantarkan aliran listrik. Fungsi Jual Alat Pemadam Api Liquid Gas Non CFC – Non Halon digunakan khusus untuk pemadaman api untuk di ruang server, komputer, elektronik, alat masak, Gas dan lain-lain.

Jual Alat Pemadam Api Non CFC – Non Halon jenis liquid Gas ini tidak menghantar arus listrik sehingga tidak terjadi gangguan konsleting listrik ketika digunakan yang merupakan penyebab utama kebakaran. Pada umumnya Jual Alat Pemadam Api Liquid Gas Non CFC – Non Halon ini sering dipakai pada gedung kantor, Laboratorium, Restoran, Ruang IT, Server dan bahkan untuk restoran.

Penggunaan Alat Pemadam Api Liquid Gas Non CFC – Non Halon sama dengan jenis Alat Pemadam Api lainnya seperti powder dan Foam, yaitu terdapat Gas penorong jenis N2 (Nitrogen) yang berfungsi untuk menekan Gas Cair Jual Alat Pemadam Api Liquid Gas Non CFC – Non Halon sehingga dapat disemprotkan pada sumber api.

  • Kestabilan; Dalam temperatur normal , tepung kimia kering sangat stabil dan tidak mudah berubah bentuk. Namun demikian ada juga beberapa jenis bahan yang tidak tahan temperatur tinggi dan meleleh sehingga terjadi gumpalan. Untuk itu, suhu penyimpanan harus dijaga agar tidak terlalu tinggi atau melebihi 150ยบ F.
  • Toksisitas; Unsur-unsur yang terdapat dalam tepung kimia kering tidak mengandung sifat toksik yang tinggi karena itu relatif aman digunakan. Namun demikian, karena tepung kimia kering ini merupakan partikel debu yang sangat halus, maka dapat masuk ke dalam saluran pernapasan dan menimbulkan gangguan kesehatan.

Berdasarkan hasil pengujian tepung kimia kering, maka dapat diperoleh data sebagai berikut: Jenis potassium bicarbonate lebih efektif dibanding sodium bicarbonate, Jenis monoammonium phosphate sedikit lebih baik dibanding sodium bicarbonate.

Sifat atau mekanisme pemadaman pada alat pemadam ini ialah :
  • Prinsip pemisahan (smothering) merupakan salah satu sifat terbaik tepung kimia kering adalah kemampuan untuk menyelimuti kebakaran dengan debu yang disemburkan. Proses penyelimutan ini terjadi karena adanya gas CO2 yang dilepaskan ketika senyawa sodium bicarbonate mendapat panas dari api. CO2 yang terbentuk meningkatkan kemampuan untuk memadamkan api. Jika tepung kimia kering jenis serbaguna (multipurpose) berbahan dasar monoamonium phosphate disemprotkan ke api kelas A, maka akan meninggalkan bekas berupa kerak pada permukaan benda yang terbakar. Kerak keras tersebut adalah metaphosphate acid yang terbentuk ketika senyawa monoamonium phosphate terkea panas dari api. Kerak ini sekaligus berfunsi menutupi permukaan benda yang terbakar. Sehingga membatasi kontak dengan oxygen (efek smothering) sehingga api dapat dipadamkan.
  • Prinsip pendinginan (cooling) ; tepung kimia kering juga memiliki efek pendinginan walaupun tidak sebaik atau sebesar bahan mengandung air. Mekanisme pendinginan ini terbentuk dari gas CO2 yang dihasilkan dalam proses kontak dengan api.
  • Pemutusan rantai reaksi; Disamping faktor tersebut di atas bahan pemadam jenis tepung kimia kering juga mempunyai kemampuan untuk memutus mata rantai reaksi (chain reaction). Ketika terjadi panas akibat kebakaran , maka senyawa yang terurai dari tepung kimia kering ini akan merusak reaksi pembakaran (segitiga api) sehingga reaksi berantai terputus.
  • Jenis pancaran; Pancaran yang dihasilkan adalah pancaran mengembang/mengepul. Jarak dan lamanya waktu memancar tergantung dari masing-masing tipe. Jual Alat Pemadam Api ini sangat baik untuk memadamkan kebakaran roda pesawat udara (jenis dry powder).